Akpar Medan Laksanakan Kelas Memasak Pengolahan Durian dan Kopi di Restoran Bahtera Nuh TWI

0
490
Peserta Pelatihan Pengolahan Buah Durian
Peserta Pelatihan Pengolahan Buah Durian

Sitinjo, DISPARBUDDAIRI.com – Akademi Pariwisata (AKPAR) Medan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi melaksanakan Pelatihan Pengolahan Buah Durian sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Kue Sarang Durian Sidikalang dan Selai Kopi dan Pelatihan Sadar Wisata Bagi Masyarakat Sekitar Objek Wisata Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo yang terdiri dari pedagang, pengusaha kuliner dan masyarakat di Lt. 3 Penginapan, Restoran dan Ruang Rapat Bahtera Nuh Hotel TWI Sitinjo Kabupaten Dairi Sumatera Utara (31/10/17).

Ngatemin, S. Pd., M.Si, selaku anggota tim mengungkapkan bahwa kegiatan dimaksud sebagai wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi AKPAR Medan yaitu Pendidikan, Penelitian dan khususnya pada poin Pengabdian Kepada Masyarakat serta pemberdayaan masyarakat juga memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Rama Indra, SE., M.Si selaku Ketua Program Studi Manajemen Partiseri mengatakan sengaja memilih buah durian dan kopi Sidikalang sebagai produk buah lokal dalam bahan dasar pengolahan kue dan selai dengan maksud dapat memberi ide, ransangan dan contoh kreativitas, inovasi baru dengan harapan menambah nilai jual bagi masyarakat setempat dibandingkan dengan hanya menjual langsung buah durian dan kopinya.

Dalam pembuatan kue sarang durian dan selai kopi Sidikalang dilaksanakan cooking class dipandu oleh Dosen Akpar dimana seluruh peserta diajari dan diperkenalkan mulai dari persiapan, bahan dasar (resep), cara pengolahan dan penyajiannya dengan mempraktekkan serta melibatkan langsung dalam pengolahannya.

Sementara Asma Kartika D Dalimunthe, SE., MM., memaparkan akan pentingnya pemahaman Sadar Wisata serta yang utama praktek dan pelaksanaannya bagi masyarakat sehingga dapat diterapkan dalam melayani para wisatawan atau pengunjung khususnya di Taman Wisata Iman Sitinjo.

Foto Bersama Peserta Pelatihan Pengolahan Buah Durian
Foto Bersama Peserta Pelatihan Pengolahan Buah Durian

“Kegiatan ini sangat bagus, kami sangat senang dan mudah – mudahan dapat dipraktekkan nantinya namun berharap alatnya juga khususnya oven di serahkan oleh Akpar Medan gratis kepada seluruh peserta”, pinta Rosmawati Penarik salah seorang peserta didampingi peserta lainnya dengan senyum berharap.

Ditempat terpisah Drs. Leonardus Sihotang selaku Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi melalui Sekretaris Dinas Rotua Panjaitan, SKM.M.Kes didampingi Kabid Ekraf Roy Sitohang, SH mengungkapkan terimakasih kepada tim AKPAR Medan yang telah memilih Objek Wisata TWI sebagai tempat dan masyarakat sekitar sebagai peserta sehingga diharapkan mampu membantu masyarakat untuk berkreasi serta berinovasi dalam pengolahan kue maupun makanan dengan memanfaatkan potensi sumber pertanian Dairi serta pelatihan Sadar Wisata yang dapat mendukung peningkatan pelayanan kepariwisataan Dairi khususnya TWI Sitinjo, dan berharap kerjasama berkelanjutan di hari yang akan datang, ungkapnya senyum. (Mos).