Berkunjung ke Dairi, Menteri Ristekdikti RI ditabalkan Menjadi Marga Angkat.

0
414
Berkunjung ke Dairi, Menteri Ristekdikti RI ditabalkan Menjadi Marga Angkat

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak diangkat menjadi Marga Angkat oleh Tokoh Pakpak dan Sulang Silima Marga Angkat pada saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi pada Jumat (12/7/2019). Penabalan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI menjadi Marga Angkat dilakukan pada acara Kuliah Umum yang dsampaikan oleh Menteri kepada jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi di Balai Budaya Sidikalang.

Dalam acara kuliah umum tersebut, turut hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmyadi yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Sumatera Utara Kaiman Turnip, Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH, Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi, Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat serta Jajaran ASN Pemerintah Kabupaten Dairi.
Dalam sambutannya, Bupati Dairi mangatakan kehadiran Menteri akan semakin menguatkan tekad serta memberi motivasi Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mewujudkan Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Dairi, yakni mewujudkan Dairi Yang Unggul Yang Mensejahterakan Masyarakat Dalam Harmoni Keberagaman. “Salah satu misi pembangunannya dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat adalah menggerakkan perekonomian masyarakat dari basis sektor pertanian yang akan dikelola secara cerdas dan modern,” ujar Beliau.

Menghadapi era revolusi industri 4.0, kebijakan pembangunan Kabupaten Dairi ke depan diarahkan pada upaya mempersiapkan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana guna mendukung terciptanya kualitas sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi sehingga mampu mendorong kreatifitas dan produktivitas masyarakat dan daerah.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi menyampaikan melalui Kementrian Ristek dan Dikti agar mendukung pendirian Perguruan Tinggi di Kabupaten Dairi sekaligus bantuan beasiswa kepada anak-anak Dairi yang berprestasi. Perguruan Tinggi ini dikatakan Beliau akan menjadi pondasi loncatan generasi muda sehingga generasi muda dapat bersekolah mendapatkan pengetahuan dan keahlian hingga akhirnya bekerja tanpa membebani perekonomian keluarga yang sangat terbatas. “Kami juga mendengar bahwa kementrian ristek dan dikti melakukan penelitian terhadap potensi hasil bumi untuk diuji dan dipasarkan, seperti minyak nilam yang merupakan hasil dari Kabupaten Dairi, kami akan siap bekerja sama,” ungkap Beliau.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam paparan kuliah umumnya terlebih dahulu menyampaikan rasa hormat yang setinggi-tingginya karena ditabalkan sebagai keluarga besar Dairi menjadi Marga Angkat. Beliau mengatakan dalam Pemerintahan Presiden Jokowi pada Kabinet Kerja, Presiden Jokowi selalu menekankan kepada Beliau bahwa Pemerintah Pusat harus meningkatkan mutu sumber daya manusia. Beliau mengatakan mulai pada tahun 2000-2010 terjadi pergerakan perkembangan teknologi yang sangat cepat sekali yang dikenal dengan revolusi industri 4.0 yang dalam artian dengan pergerakan tersebut semua proses sudah menggunakan digital yang dikenal dengan cyber physical system. “Dengan pergerakan ini tentunya sangat mempengaruhi sumber daya manusia yang ada salah satunya kehilangan pekerjaan,” ucap Beliau.