Bupati Dairi Resmikan Gedung Nasional Djauli Manik Sebagai Lokasi Pusat Aktifitas Seni, Budaya dan Ekonomi Kreatif

0
856
Bupati Dairi resmikan Gedung Nasional Djauli Manik
Bupati Dairi resmikan Gedung Nasional Djauli Manik

Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, S Sos meresmikan pusat ekonomi kreatif dan seni budaya di lokasi Gedung Nasional Djauli Manik Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang. Launcing pembukaan gazebo, food court, galeri serta cafe, yang digelar Jumat (11/3).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S.Sos yang diwakili oleh para Anggota DPRD Dairi, Pimpinan Cabang (Pinca) Bank Sumut Sidikalang Armin Syahdan Kaban, Sekda Dairi Sebastianus Tinambunan, SH, M.Pd, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dairi Drs. Leonardus Sihotang, para Pimpinan SKPD, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Leonardus Sihotang melaporkan, bahwa pembangunan fasilitas pusat ekonomi kreatif dan seni budaya yang diresmikan itu merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bank Sumut Cabang Sidikalang. Beliau juga mengatakan dengan adanya Gedung Nasional Djauli Manik diharapkan seni dan budaya yang ada di Dairi dapat tumbuh dan berkembang khususnya budaya yang menjadi jati diri Kabupaten Dairi yakni Budaya Pakpak dan juga ekonomi kreatif yang akan dikembangkan ditempat tersebut yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Dairi dalam penyampaian arahan dan bimbingannya mengatakan Gedung Nasional Djauli Manik diresmikan dengan maksud dan tujuan diantaranya untuk memberdayakan pembangunan yang telah ada sebelumnya karena tidak sedikit pembangunan di Dairi yang diakui oleh beliau tidak diberdayakan termasuk Gedung Nasional Djauli Manik yang merupakan ikon dari Kota Sidikalang.

Pemberdayaan pembangunan berikutnya dikatakan beliau adalah terkait dengan Terminal Sitinjo dimana pada saat ini Pemkab Dairi tengah gencar-gencarnya untuk mengoperasikan kembali terminal tersebut. Dalam hal tersebut, Beliau menghimbau kepada kepada para tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk melakukan perannya seperti misalnya membuat himbauan kepada para masyarakat agar tidak menggunakan rumah sebagai tempat untuk stasiun/loket angkutan umum sehingga stasiun-stasiun yang ada di Kota Sidikalang bisa ditertibkan dan Terminal Sitinjo dapat beroperasi kembali. Hal berikut yang disampaikan beliau adalah Gedung Nasional Djauli Manik juga akan dijadikan sebagai pusat pengembangan ekonomi kreatif dan pusat seni budaya. “Banyak potensi daerah hasil bumi yang tidak kita berdayakan yang dapat menjadi nilai ekonomis, misalnya durian.

Di Tebing Tinggi ada tempat yang dinamakan dengan Desa Bengkel sebagai tempat untuk menjual hasil kuliner seperti dodol durian. Kenapa kita tidak menciptakan hal seperti itu, mengolah dodol rasa durian karena saya rasa di Dairi ini belum ada yang menciptakan hal tersebut,” ujar Beliau. Dalam arahannya juga dikatakan bahwa Pemkab Dairi berencana akan membangun pentas seni budaya pakpak yang modern yang akan dibangun melalui PAPBD yang diharapkan selesai pada tahun 2016.

Selain itu, beliau menghimbau kepada Bank Sumut apabila memungkinkan dana CSR untuk tahun 2016 dihibahkan untuk membuat kereta api bagi anak-anak dan kepada Dinas Cipta Karya, beliau menginstruksikan agar membuat lampu hias sehingga suasananya semakin indah. “Kalau boleh CSR kita dipercepat Bank Sumut, Oktober sebelum hari jadi Kabupaten Dairi, kereta api dan lampu hias tersebut sudah selesai sehingga masyarakat yang berkunjung ke Gedung ini dapat menikmatinya. Untuk itu dukungan seluruh masyarakat khusunya tokoh adat maupun tokoh masyarakat sangat kami butuhkan sehingga kami tidak salah melangkah dan kita bisa satu tujuan dan mari kita membangun Sidikalang sebagai Ibu Kota Kabupaten Dairi yang bisa sejajar dengan Ibu Kota Kabupaten yang lainnya ” pungkas beliau dan mersemikan Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam Acara Launching tersebut, Bank Sumut Cabang Sidikalang memeberikan Dana CSR kepada Pemkab Dairi yang diterima oleh Bupati Dairi sebesar Rp. 134.601.230 yang diserahkan oleh Pimpinan Bank Sumut Cabang Sidikalang. Acara tersebut juga diisi dengan berbagai hiburan seperti tari-tarian dari sanggar tari dan penampilan band lokal seperti Badidios dan yang lainnya.