General Manager GNKT : Optimis Tahun 2019 GNKT Terdaftar dan Menjadi Bagian UNESCO GLOBAL GEOPARKS

0
203
Rapat Persiapan Kedatangan Tim Asesor UGG ke Kawasan GNK di Kantor Gubsu Medan
Rapat Persiapan Kedatangan Tim Asesor UGG ke Kawasan GNK di Kantor Gubsu Medan

DISPARBUDDAIRI.com – Rapat Persiapan Kedatangan Tim Asesor UNESCO Global Geoparks (UGG) ke Kawasan Geopark Nasional Kaldera Toba (GNKT) dipimpin Ibu Dr. Hj. Wan Hidayati, M. Si selaku General Manager (GM) BP (Badan Pengelola) GNKT yang juga Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dihadiri perwakilan BPGNKT, OPD Provsu, utusan dari 7 Kabupaten se-Kawasan Danau Toba meliputi Taput, Samosir, Humbahas, Tobasa, Simalungun, Karo dan Dairi di Lt. 8 Kantor Gubsu Medan (03/07/18).

Wan Hidayati memaparkan bahwa BPGNKT bersama Pemprovsu, Pemda 7 Kabupaten se-Kawasan Danau Toba dan stake holder telah berupaya semaksimal mungkin memenuhi rekomendasi UNESCO beberapa waktu yang lalu diantaranya membangun sarana dan prasarana seperti, toilet, jalan setapak, galeri, papan informasi, panel, gapura, taman dan lainnya.

Disamping itu juga sosialisasi Geopato gencar dilaksanakan ke sekolah-sekolah dan anak-anak sekolah minggu dengan jargon cinta Tuhan, sesama dan lingkungan juga penanaman pohon dengan melibatkan masyarakat setempat, pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan dan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis), komunitas, pengrajin dan penenun ulos dan lain-lain.

“Sampai saat ini kita tetap dan terus mengupayakan pembenahan dan pembangunan di titik geosite-geosite yang akan dikunjungi oleh tim asesor yang direncanakan pada akhir Juli sd awal Agustus 2018 dengan diawali dari rute Bandara Silangit (Humbahas), Tobasa, Simalungun, Karo, Dairi, Samosir yang diharapkan disambut oleh Bupati atau pejabat setempat kemudian ke Hotel Grand Aston Medan akan dilaksanakan ujian atau wawancara dengan GM BPGNKT selanjutnya ditutup dengan farewell party bersama Gubsu dan para Bupati se-Kawasan Danau Toba dan juga stake holder”, jelasnya.

perwakilan BPGNKT, OPD Provsu
perwakilan BPGNKT, OPD Provsu

Satu harapan semoga impian menjadi kenyataan GNKT terdaftar dan menjadi bagian dari UGG sehingga akan membawa dampak positif dan signifikan pada geliat peningkatan dan perkembangan jumlah kunjungan kepariwisataan Kawasan Danau Toba yang bermuara pada peningkatan perekonomian, kesejahteraan dan pendapatan masyarakat.

Wan Hidayati menambahkan sebagai hasil erupsi terakhir Gunung Toba yang maha dahsyat sekitar 75 ribu tahun yang lalu telah mewarisi pesona alam Kawasan Danau Toba yang kelas internasional tiada tandingannya, budaya yang khas dan kaya dengan keragaman hayati termasuk kuliner yang nikmat, karena itu sangat optimis GNKT menjadi bagian dan terdaftar di UGG pada tahun 2019 yang akan datang asalkan soliditas dan sinergitas yang kokoh dan kuat dari semua stake holder (pemangku kepentingan) yang berkepentingan seperti BPGNKT, BODT, Pemprovsu, Pemda 7 Kabupaten se-Kawasan Danau Toba, komunitas, LSM/Pers dan seluruh masyarakat tetap terjalin baik serta melaksanakan peran, tugas dan fungsi sesuai porsi masing-masing. (Mosanda Tampubolon).