Geopark Kaldera Toba, Melindungi dan Mengembangkan Kekayaan Setempat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

0
292
Geopark Kaldera Toba Silalahi
Geopark Kaldera Toba Silalahi

Sidikalang, Melindungi keragaman bumi (geodiversity) dan konservasi lingkungan (alam dan budaya), menumbuhkembangkan ekonomi lokal secara berkelanjutan melalui pengembangan industri pariwisata dengan ikon utama Geowisata, merupakan tujuan dan sasaran Geopark Kaldera Toba.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Dairi, Drs Leonardus Sihotang melalui Kepala Bidang Pariwisata M Situmorang, Kamis (16/6) di Resto Cafe Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, saat membuka sosialisasi Geopark Kaldera Toba 2016. Disebutkan Situmorang, seluruh keragaman yang dapat menghasilkan untuk kesejahteraan masyarakat setempat, akan dipromosikan ke dunia internasional.
“Sosialisasi ini melibatkan seluruh pelaku wisata serta berbagai elemen lain yang mendukung pelestarian alam. Kami berharap, sosialisasi ini akan bermanfaat untuk kita semua demi kelangsungan dan pelestarian Danau Toba, Silalahi ini,” ujarnya seraya membuka secara resmi mewakili Kadisparbud Dairi.

Nara sumber, Ir Alimin Ginting MSc, Ir Theodora Sihotang SH MAPA dan Janiah Kudadiri SSos MSi secara bergantian memaparkan keuntungan dan keunggulan Geopark Kaldera bagi seluruh masyarakat. Alimin Ginting menyampaikan, selain melindungi keragaman bumi dan pengembangan ekonomi lokal, Geopark Kaldera Toba juga akan mengerjakan pendidikan dan penelitian secara terus menerus terkait ilmu geologi, biologi dan budaya secara luas.

“Geopark Kaldera Toba akan mempromosikan kepada Indonesia dan dunia, warisan bumi. Rasa mangga dan bawang Silalahi tidak sama dengan rasa mangga dan bawang di daerah lain. Hal ini dipengaruhi oleh alam akibat letusan maha dashyat Gunung Toba,” urainya.

Peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan Geopark Kaldera Toba serta hubungannya dengan Badan Otorita Danau Toba. Peserta berharap, seluruh upaya dan usaha seluruh unsur dan elemen dapat berguna untuk kepentingan masyarakat.

Di penghujung acara, Kadisparbud Dairi, Drs Leonardus Sihotang mengharapkan keterbukaan seluruh masyarakat dalam pembangunan pariwisata di Silalahi serta dukungan penuh terhadap Geopark Kaldera Toba. Menurut Leonardus, melalui sosialisasi warga sudah paham akan Geopark Kaldera Toba.

Pantauan SIB di Silalahi, ratusan peserta dari berbagai unsur dengan antusias mengikuti sosialisasi Geopark Kaldera Toba, hingga sore harinya, peserta dengan tekun mengikutinya dan diakhiri dengan foto bersama. (SIB/Edison Malau)