Gandeng PATA Indonesia, Kabupaten Dairi Ingin Kembangkan Wisata Berkelas Internasional

0
157
Puncak Bukit Paropo Silahisabungan
Puncak Bukit Paropo Silahisabungan

Jakarta – Potensi Danau Toba sebagai sebuah destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Sumatera Utara dan juga Indonesia terus digali dan dikembangkan. Salah satu pengembangan dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba.

Pemkab Dairi pun menggandeng PATA Indonesia untuk mengembangkan potensi wisata daerahnya agar bisa berstandar internasional. Pasific Asia Travel Association (PATA) Chapter Indonesia sepakat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara untuk promosi destinasi wisata Danau Toba.

“Kerja sama ini merupakan bentuk konkret Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mengembangkan potensi wisatanya agar menjadi destinasi yang berkelas internasional. Kami mengharapkan kerja sama ini dapat mengangkat lebih tinggi lagi kredibilitas objek wisata, kalau sudah diendorseoleh organisasi seperti PATA, itu kredibilitasnya akan jauh lebih tinggi,” ungkap Eddy Keleng Ate Berutu selaku Bupati Dairi, Sumatera Utara usai menjalin nota kerja sama MoU dengan pihak PATA Indonesia di President Lounge Menara Batavia, Karet, Sudirman, Jakarta, Senin (22/7/2019).

pata-dairi.jpg
(Foto: TribunNews)

Ditambahkan Eddy, lokasi Kabupaten Dairi yang berdekatan langsung dengan Danau Toba memang cocok dikembangkan sebagai lokasi wisata petualangan, agro wisata dan wisata air. Salah satu contoh yang ingin dikembangkan adalah potensi agrowisata lantaran Kabupaten Dairi punya perkebunan kopi dan durian yang menjadi ciri khas.

“Kabupaten Dairi diberikan anugerah Tuhan keindahan alam dan iklim yang bagus untuk dikembangkan sebagai daerah wisata. Lantaran kami bisa memanfaatkan lahan pertanian kopi dan Durian yang akan menjadi ciri khas dari daerah tersebut, yaitu Kopi Sindikalang serta Durian Ucok, dan itu yang akan kita jual kepada wisatawan,” tambahnya.

Sementara itu CEO PATA Indonesia, Poernomo Siswoprasetio menyatakan bahwa kolaborasi ini diharapkan memberikan dampak positif untuk wisata tersebut. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu dikembangkan di daerah Dairi, Sumut untuk menunjang proses promosi tersebut.

“Sebelum itu harus dibuatkan dulu potensi-pontensi apa yang menjadi unggulan, misalnya dari budaya, alamnya, nah sekarang ada khas kopi tentunya lebih menarik, serta cerita cerita history di Sumatra Utara itu juga menarik, dan hal ini juga yang dapat menarik wisatawan asing dan lokal. Mungkin kita juga membangun paket-paket tour, kemudian pelatihan-pelatihan membuka usaha kecil pariwisata, tour guide. Jadi selain mendatangkan turis, tapi juga mempersiapkan masyarakat untuk menerima kedatangan turis-turis itu, caranya dengan mengadakan pelatihan,” tandas Poernomo.