Kadis Budpar Provsu Elisa Marbun : Dari 33 Kabupaten Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi Yang Terbaik!

0
525
Karnaval Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi
Karnaval Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi

DisparbudDairi.com – Pembukaan Pesta Budaya Njuah-njuah Kabupaten Dairi 2016 di Gedung Nasional Djauli Manik di Jalan Sisingamangaraja Sidikalang berlangsung meriah, Senin (26/9), diawali karnaval diikuti berbagai etnik yang tinggal di daerah itu. Masing-masing kontingen tampil dengan tarian dan pakaian adat sembari meneriakkan salam khas Pakpak “Njuah-Njuah” menyapa warga masyarakat yang berbondong menyaksikan gelaran tersebut.

Sapaan dan salam Njuah-njuah juga ditujukan kepada barisan pejabat dan tokoh adat yang berdiri di tribun sekitar area lintasan. Di antaranya Bupati KRA Johnny Sitohang Adinegoro, Wakil Bupati Irwansyah Pasi, Kabid Promosi Wisata Buatan pada Kementerian Parawisata RI Hendri Karnoza, Kadis Pariwisata Sumut Elisa Marbun, pimpinan/ anggota DPRD dan pejabat lainnya. Selain tampilan budaya Pakpak, karnaval diikuti berbagai etnik seperti Batak Toba, Karo, Simalungun, Nias, Tionghoa, Jawa, Sunda, Minang dan etnik lainnya. Semarak karnaval ditambah dengan tampilan komunitas fashion show dan kolaborasi musik dan marching band barisan pelajar dari berbagai sekolah.

Karnaval Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi 2016
Karnaval Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi 2016

Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dairi, Leonardus Sihotang selaku ketua panitia dalam laporannya menyebut, jumlah peserta kirab tercatat 1.600 orang. Angka itu meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, animo masyarakat dalam pagelaran itu sangat tinggi ditandai dengan banyaknya kontingen berkontribusi menyemarakkan kegiatan tersebut. Leonardus berharap, dukungan penuh demi suksesnya agenda yang direncanakan berlangsung hingga Jumat (30/9) depan.

Dalam kesempatan itu, mewakili Gubernur Sumatera Utara, Elisa Marbun menyampaikan bentuk dukungan Pemprovsu pada pesta budaya Njuah-juah,menurutnya Penyelenggaraan pesta budaya di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang sudah di jalani, Pesta Budaya Njuah-juah merupakan pesta budaya yang terbaik. Maka untuk itu, beliau berharap, agar pesta Budaya Njuah-juah ini dapat ditingkatkan setiap tahunnya. Sebab aktivitas penyelenggaraan pesta budaya, dapat membangun sektor lain, hingga tercapainya peningkatan pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat.

Tokoh masyarakat, Raja Adin Ujung  dalam sambutannya mengatakan, Pesta Njuah-Njuah harus menjadi milik semua lapisan masyarakat. Gelaran Budaya itu diharapkan akan meningkatkan persatuan dan kesatuan, harmonisasi dan kerukunan masyarakat heterogen di kabupaten Dairi.