Ondel-Ondel Pujakesuma Meriahkan Pesta Njuah-njuah 2017

0
384
Ondel-ondel Pakpak Pesta Budaya Njuah-Njuah 2017
Ondel-ondel Pakpak Pesta Budaya Njuah-Njuah 2017

Sidikalang, DISPARBUDDAIRI.com – Ondel-ondel berpakaian khas Pakpak setinggi 3 meter kreatifitas paguyuban Pujakesuma Sidikalang, meriahkan pembukaan pesta budaya Njuah-njuah 2017 yang dipusatkan di halaman gedung nasional Djauli Manik jalan SM. Raja Sidikalang, Senin (25/9/17). Karena keunikan itu membuat banyak warga terkagum-kagum dan ingin foto bersama.

Dalam 2 kali pesta njauah-njuah penampilan ondel-ondel tersebut selalu menarik perhatian warga yang menyaksikan kirab budaya. Banyak warga yang penasaran dengan cara pembuatan ondel-ondel yang berukuran raksasa tersebut hingga ingin melihat dari dekat.

Sang kreasi ondel-ondel, Adi Syaputra (43) usai kirab budaya mengatakan, ide pembuatan ondel-ondel ini terinspirasi dari nintura yang berasal dari kata manusia raksasa (Ntuara). Dari ide itu kemudian ia merancang pembuatan manusia raksasa dalam bentuk menyerupai ondel-ondel betawi.

“Ini khan pesta Njuah-njuah, makanya kita rancang ondel-ondelnya berpakaian khas Pakpak,”ujarnya.

Saat ditanya berapa lama waktu pembuatannya?, Adi mengatakan butuh waktu 1 bulan untuk pembuatannya hingga selesai. Bagian yang sulit pembuatannya adalah bagian kepala dan bajunya yang berukuran besar.

“Untuk merancang dan mendirikan kerangka yang berukuran besar aja dibutuhkan 5 orang,”terangnya.

Terpisah, Pentanius (29) salah seorang warga yang kagum melihat ondel-ondel tersebut mengatakan, baru kali ini melihat ondel-ondel berukuran raksasa. Biasanya ondel-ondel seperti ini hanya ada di Jakarta, itupun berpakaian khas betawi.

“Ondel-ondel khas Pakpak ini, ku lihat menjadi daya tarik warga di pesta Njuah-njuah,”ungkapnya. (junitha)

 

Sumber : Metrokampungnews.com