Pemkab Dairi akan Tampilkan Sendratari “PERTAKI III” Pada Pagelaran Seni Budaya di PRSU ke-48

0
584
Pertaki III
Pertaki III

DISPARBUDDAIRI.com – Drs. Leonardus Sihotang selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Dairi didampingi Sekretaris Dinas Rotua Panjaitan, SKM., M. Kes mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Disparbud akan menampilkan Sendratari Pertaki III untuk mengisi acara Pagelaran Seni Budaya Pakpak tanggal 10 Maret 2019 pada penyelenggaraan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-48 yang akan diselenggarakan mulai tanggal 08 Maret sd 08 April 2019 di komplek Tapian Daya Jl. Jend. Gatot Subroto Medan.

Sendratari
Sendratari

“Pagelaran tersebut merupakan salah satu strategi untuk menggali, mengembangkan, melestarikan, manampilkan, mengenalkan dan mempromosikan seni drama dan tari budaya Pakpak ke masyarakat dengan mengusung cerita fiksi Pakpak “Pertaki III” yang dikemas dengan penuh kreativitas dikombinasikan dengan nuansa berbagai musik modern serta koreografi yang menarik tentu saja dengan tidak meninggalkan nilai – nilai budaya Pakpak sebagai jati diri Kabupaten Dairi yang diharapkan mampu menghibur penonton nantinya”, ujarnya di ruang kerjanya dihadapan panitia dan pejabat dilingkungan Disparbud Dairi (05/03/19).

Sendratari Pertaki III
Sendratari Pertaki III
Mejan Pakpak
Mejan Pakpak

Lanjutnya, selain itu pagelaran dimaksud menjadi momentum mendorong dan menstimulan para penggiat seni budaya, lembaga, sanggar, komunitas, tokoh masyarakat serta pemerhati budaya Pakpak untuk lebih kompak, bersinergi dengan harmoni lagi dengan kreatif mengenalkan budaya Pakpak ke khalayak hingga semakin dikenal bukan hanya di Sumatera Utara namun juga skop Nasional bahkan ke mancanegara yang diharapkan bermuara pada peningkatan pengunjung dan pendapatan masyarakat kedepan.

Pertaki 3
Pertaki 3
sendratari Pertaki 3
sendratari Pertaki 3

Drs. Leonardus berterimakasih atas komitmen dan dukungan Pemkab Dairi serta mengundang dan mengharapkan kehadiran para forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Dairi khususnya yang berdomisili di Medan untuk mengikuti dan menyaksikan rangkaian acara nantinya, tutupnya.

Sementara itu Siswati Solin selaku Plt. Kabid Kebudayaan menjelaskan bahwa Sendratari Pertaki III telah tampil pada Pesta Budaya Njuah Njuah Kab. Dairi pada bulan September 2018 yang lalu juga telah berhasil menghibur dan memukai ribuan penonton di Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang sehingga diharapkan masyarakat Sumatera Utara khususnya Medan yang belum atau yang sudah menyaksikan bersama menikmati nantinya.

“Persiapan acara dan tempat sudah ramping rampung dan personil sendratari direkrut selektif dari berbagai sekolah di Kabupaten Dairi telah siap tayang karena telah melaksanakan latihan rutin oleh pelatih tari binaan Disparbud Dairi”, ungkapnya bersemangat.

Pagelaran tersebut nantinya akan diawali era-era (tarian penyambutan VVIP diiringi musik tradisional Pakpak) dan tarian persembahan dihadiri oleh Bapak Johnny Sitohang Adinegoro, S. Sos selaku Bupati Dairi dan Irwansyah Pasi, SH selaku Wakil Bupati Dairi, Sekda Kab. Dairi, forkopimda, pimpinan OPD serta tokoh masyarakat Pakpak.

PRSU yang akan berlangsung mulai tanggal 08 Maret s.d 08 April 2019 merupakan agenda tahunan calender of event Pemprovsu untuk ajang mempromosikan potensi Sumber Daya Alam, pariwisata, ekonomi kreatif, seni budaya, serta peluang bisnis yang diikuti Pemkab/Pemko se-Sumatera Utara, diluar Sumut, komunitas, lembaga, BUMN, BUMD bahkan mancanegara. (Mosanda Tampubolon)