Pemkab Dairi Dukung Event GIXA Jelajahi Eksotisnya Alam Dairi

0
245

 


DISPARBUDDAIRI.com – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Drs. Leonardus Sihotang selaku Kadis Pariwisata dan Kebudayaan menyampaikan bahwa Pemkab Dairi mendukung penyelenggaraan event Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2019 oleh International Off-road Federation (IOF) yang berlansung di Kabupaten Dairi mulai tanggal 28 September sd 05 Oktober 2019 dengan harapan tercapai tiga tujuan, yaitu:

Pertama menyuguhkan arena yg menantang dan berkesan sehingga mendapatkan referensi olarga off-road di seluruh dunia.

Kedua lanjutnya, memberikan hiburan dan menambah pengetahuan terhadap masyarakat Dairi yang datang menyaksikan event dimaksud sehingga merasakan even tersebut.

Ketiga, mengabarkan keseluruh dunia dengan peran media, blogger, youtuber tentang pariwisata, budaya, alamnya Kabupaten Dairi indah, menantang dan natural sehingga pecinta alam, peneliti dan pecinta ecotourism lebih mengenal dan tertarik datang berkunjung.

Bupati juga berharap even GIXA jangan lewat hanya ceremonial saja namun mampu membangun geliat ekosistem pariwisata Kabupaten Dairi dimana dibutuhkan paling tidak 3 tahun untuk mengangkatnya yang meng-attract anti mainstream orang yang mencintai alam paralayang, gantole seperti IOF, tutupnya.

Drs. Leonardus Sihotang menyampaikan bahwa GIXA 2019 senada dengan panitia GIXA 2019 Prihatin Kasiman dan Fauzir menyampaikan bahwa even tersebut merupakan agenda tahunan olahraga otomotif roda empat four wheel drive (4×4) dan roda dua non prestasi yang juga dirangkai dengan aktivitas penanaman hutan dan bakti sosial kepada siswa sekolah yang kurang mampu.

Event akan diawali dengan flag of atau star ceremonial tanggal 28 Oktober 2019 dari Gedung Nasional Djauli Manik dengan berkeliling dikota Sidikalang kemudian menjelajahi eksotisnya alam daerah Kecamatan Sinehu-Tigalingga-Tanah Karo-Tiga Baru-Sumbul dan finish/last destination di kawasan Geopark Kaldera Toba Geosite Silahisabungan tepatnya Bumi Perkemahan – bibir pantai Pulau Silalahi Kecamatan Silahisabungan.

Kemudian akan dipublikasikan siaran live oleh tim GIXA dari melalui media sosial day to day, moment to moment tentang alam, pengalaman, testimoni sehingga akan mengangkat potensi pariwisata Kabupaten Dairi khususnya jalur lintasan atau rute yang dilalui meliputi Sumber Daya Alam, landscape, alam, budaya ke nasional bahkan internasional.

Hal tersebut disampaikan pada rapat teknis yang dihadiri utusan dari Forkopimda Kabupaten Dairi, OPD, Panitia GIXA 2019 di Ruang Rapat Bupati Dairi Jalan Sisingamangaraja Sidikalang (26/09/19) (Mosanda Tampubolon)

Njuah-Njuah… Horas … Mejuahjuah … !!!