Pemkab Dairi Usung Tema ”TRIBE AND NATURE” Pada Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018

0
354
Pemkab Dairi Rapat mengenai tema yang akan di usung pada Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018
Pemkab Dairi Rapat mengenai tema yang akan di usung pada Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018

DISPARBUDDAIRI.com – Pesta Budaya Njuah-Njuah merupakan perhelatan akbar yang telah terbukti sukses menyedot animo dan antusiasme masyarakat dimana menjadi agenda tahunan, rutin dan terjadwal oleh Pemerintah Kabupaten Dairi yang intinya momentum ajang ataupun sarana dalam menggali, melestarikan, mengembangkan, menampilkan serta mempromosikan seni budaya Pakpak ke khalayak sebagai jati diri Kabupaten Dairi aset daerah memperkaya kebudayaan nasional yang diharapkan mampu menarik kunjungan wisnus dan wisman serta meningkatkan pendapatan masyarakat Dairi akan kembali digelar pada tanggal 24 s.d 29 September 2018 di Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara dengan melibatkan Forkopimda, OPD, tokoh masyarakat, komunitas, lintas etnis dan masyarakat Kabupaten Dairi.

Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018
Pesta Budaya Njuah-Njuah 2018

Drs. Leonardus Sihotang selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi mengungkapkan pada Rapat Persiapan Pelaksanaan Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi Tahun 2018 di Ruang Wakil Bupati Dairi Sidikalang (21/08/18) bahwa ‘tribe and nature’ menjadi tema yang diusung nantinya.

Lanjutnya bersemangat, ‘tribe’ atau suku dan budaya pakpak kuno, seperti mejan, rumah adat, ornamen, pakaian, bahasa dan lain-lain sementara ‘nature’ bermakna alam seperti danau, hutan dengan flora dan fauna khas Dairi yang akan dikemas menghiasi penampilan pelaksanaan pesta budaya dimaksud.

“Tema ‘tribe and nature’ ini sengaja disinkronkan dengan tema Festival Danau Toba (FDT) yang akan digelar pada tanggal 5 s.d 8 Desember 2018 yang akan dipusatkan di Silahisabungan dimana Pemkab Dairi menjadi tuan rumah dan sebagian penampilan Pesta Njuah-Njuah ini akan diadopsi ke FDT, jadi Pesta Njuah-Njuah ini merupakan gladi bagi FDT”, jelasnya.

Disparbud Dairi sebagai ‘leading sector’ Pesta Budaya Njuah-Njuah Tahun 2018 telah berupaya maksimal dengan persiapan termasuk menjalin kerjasama dari berbagai pihak demi suksesnya acara dimaksud yang nantinya akan mengundang Pemkab Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Pemprovsu dan Kemenpar RI yang direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 24 September 2018 di Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang.

Sambungnya, pesta tersebut akan diawali dengan defile atau parade kirab budaya dari OPD, Sekolah, komunitas dan masyarakat dengan titik kumpul awal dari Jl. Sisingamangaraja Sidikalang persis di depan Kantor Bupati Dairi menuju Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang.

“Selama pesta berlangsung akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba seperti fashion show, fashion carnaval, festival band, permainan tradisional (margalah, marjalengkat, gasing), mewarnai gerga (ornamens) memasak masakan khas pakpak serta pada malam seni budaya pakpak akan dihibur dengan suguhan sendra tari Pertaki-3 binaan Disparbud Dairi kemudian pagelaran dari berbagai komunitas atau sekolah di komplek Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang”, terangnya.

Pada acara penutupan yang direncanakan pada tanggal 29 September 2018 di Stadion Utama Panji diawali dengan defile atau parade dengan membawa ‘luah’ atau hasil bumi atau pertanian dari seluruh masyarakat Desa atau Kecamatan se-Kabupaten Dairi sebagai ungkapan Rasa syukur diserahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atau raja. Kemudian paparan budaya Pakpak dan acara sendihi, tutupnya.

Rapat persiapan tersebut dihadiri oleh panitia dan utusan dari OPD, Polres Dairi, Kodim 0206 Dairi, Camat, tokoh masyarakat pakpak, komunitas dan sekolah.