Penampakan “Ondel-Ondel Pakpak” di Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi

0
509
Ondel-Ondel Pakpak di Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi
Ondel-Ondel Pakpak di Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi

DisparbudDairi.com – Ada hal yang unik saat acara Pembukaan Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi 26 September yang lalu. Ya, salah satu peserta karnaval yang ikut dalam barisan membawa ondel-ondel ala betawi. Ondel-ondel berukuran jumbo berpakaian adat budaya Pakpak itu melenggok mengikuti barisan Karnaval. Kehadiran ondel-ondel itu menjadi daya tarik warga yang melihatnya. Ondel-ondel inipun jadi rebutan warga untuk berfoto.

Adi Syaputra alias komo (43) warga Pujakesuma sekaligus perancang ondel-ondel tersebut kepada MK, Selasa (27/9/16) di lokasi acara mengatakan kalau ide tersebut muncul dari keunikan ondel-ondel khas betawi. Berangkat dari hal itu kami mencoba kreasi ondel-ondel berpakaian adat Pakpak, walau awalnya pembuatannya agak sulit dan terburu-buru namun berkat bantuan dan masukan dari teman-teman pembuatanya bisa terlaksana. “Walau masih banyak kekurangan dan belum sebagus dengan ondel-ondel khas betawi tapi keunikannya bisa meramaikan suasana pesta Budaya njuah-njuah tahun ini,”ujarnya bangga.

Menurutnya, untuk pesta Budaya Tahun mendatang, Pujakesuma akan membuat ondel-ondel ini lebih baik lagi agar lebih unik dan meriah.”Kami akui masih banyak kekurangan disana sini dalam pembuatannya, untuk kedepannya kami akan berusaha memperbaiki agar lebih baik lagi,”ungkapnya.

Ondel-ondel penampilan Pujakesuma membuat pawai karnaval menjadi unik dan lucu, anak-anak yang melihatnya menjadi senang, ingin mendekat dan foto bersama. “Ternyata ondel-ondel bukan hanya ada di Jakarta,” ucap Boru Capah dengan tersenyum.