Ratusan Siswa dan Seniman Ikuti Festival Tari Tradisional Pakpak dan Lomba Cipta Lagu Pakpak

0
703
Festival Lomba Tari dan Cipta Lagu Pakpak
Festival Lomba Tari dan Cipta Lagu Pakpak

Disparbuddairi.com – Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sukses mennggelar Festival Tari Tradisional Pakpak dan Cipta Lagu Pakpak di Lapangan Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang, Kamis, 21 Juli s.d Jumat 22 Juli 2016.

Acara ini di buka secara resmi oleh Bupati Dairi yang diwakili melalui Staf Ahli Drs. Sudung Ujung yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan daripada acara ini digelar adalah untuk mengajak masyarakat Dairi untuk lebih memahami budaya pakpak dan semakin memiliki keinginan untuk melestarikan Budaya Pakpak.

Pemenang Festival Lomba Tari dan Cipta Lagu Pakpak
Pemenang Festival Lomba Tari dan Cipta Lagu Pakpak

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang pada sambutannya menyampaikan bahwa dengan diselenggarakankan acara ini maka diharapakan dapat menjadi wadah untuk mengapresiasi para pelaku seni tradisi di Kabupaten Dairi. Serta membantu pelaku seni dalam mengembangkan potensi, sehingga dimasa mendatang dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian Budaya Pakpak.

Pemenang Lomba Cipta Lagu Pakpak
Pemenang Lomba Cipta Lagu Pakpak

Leonardus melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Dairi juga terus berupaya membina kegiatan seni tradisi yang tumbuh di masyarakat, beberapa diantaranya dengan memfasilitasi para pelaku seni untuk mengembangkan potensi, melakukan pembinaan kepada pemuda dan memusatkan segala aktivitas seni dan budaya di Gedung Nasional Djauli Manik. Dan tahun depan akan di upayakan untuk membuat sebuah studio rekaman.

Sedikitnya ada 36 Grup terdiri dari 15 Grup Tari dan 21 Peserta Cipta Lagu Pakpak yang meramaikan acara ini. Dari seluruh peserta untuk masing-masing kategori diambil 6 pemenang, yaitu Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2 dan 3. Dan pemenangnya mendapatkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan.

Adapun Pemenang untuk Festival Tari Tradisional Pakpak adalah sebagai berikut :

SMA Negeri 1 Sidikalang (Juara 1)
PASI GROUP (Juara 2)
SMK PARIWISATA PRIMA (Juara 3)
SANGGAR KITUTUR (Harapan 1)
SMA Negeri 1 Kerajaan Pakpak Bharat (Harapan 2)
SMTK Cahaya Negeri (Harapan 3)

Sedangkan Pemenang untuk Lomba Cipta Lagu Pakpak adalah :

ASLIM PADANG (Juara 1 – Tanda Mata)
JUSPRI SARAGIH (Juara 2 – Tennah i Bandara)
BASARIA BANJARNAHOR (Juara 3 – Pedda Mi Singuda)
FERRY SEDUTA MALEM TUMANGGER (Harapan 1 – Kalak Pakpak)
MUSLIM BOANGMANALU (Harapan 2 – Diri Tumatak, Diri Mergendang)
BANGUN SABAR TABAH KALOKO (Harapan 3 – Ndigan Ngo Ndia)

Di penutup, Kadis Parbud Drs. Leonardus Sihotang juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta yang antusias dan peduli terhadap upaya pelestarian Budaya Pakpak. Dan nantinya para pemenang Festival Tari Tradisional Pakpak dan Lomba Cipta Lagu Pakpak akan tampil pada acara Pesta Budaya Njuah-njuah yang akan dilaksanakan tanggal 26-30 September mendatang.