Saksikan Sendratari ” Legenda Si Cike-Cike” Pada Malam Pagelaran Seni dan Budaya Pakpak PRSU Ke-47 Medan

0
393
Legenda Sicike-cike Sipitu Marga
Legenda Sicike-cike Sipitu Marga

DISPARBUDDAIRI.com – Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan berpartisipasi dan turut serta dalam mengisi pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-47 Tahun 2018 yang akan diselenggarakan selama sebulan penuh dan dibuka pada tanggal 16 Maret 2018 dan akan ditutup pada tanggal 16 April 2018 yang akan datang di Komplek Tapian Daya Jl. Jend. Gatot Subroto Medan.

Drs. Leonardus Sihotang selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi didampingi Rotua Panjaitan, SKM., M.Kes selaku Sekretaris Dinas pada Rapat Intern Persiapan Pelaksanaan PRSU yang diikuti oleh pimpinan dan staf Disparbud Dairi di Aula Disparbud Dairi Jl. Jend.Ahmad Yani Sidikalang (07/02/18) mengungkapkan bahwa momentum tersebut merupakan salah satu strategi dalam menggali, mengembangkan dan mengenalkan serta mempromosikan Budaya Pakpak kepada khalayak sebagai identitas Kabupaten Dairi dengan menampilkan kembali Sendra Tari “Legenda Si Cike Cike” pada Pagelaran Malam Seni dan Budaya Pakpak dimana Pemkab Dairi mendapat jadwal tampil tanggal 22 Maret 2018 di Open Stage PRSU nantinya, jelasnya.

Lanjutnya, diharapkan seluruh panitia dan staf Disparbud Dairi bekerja semaksimalmungkin dengan bertanggung jawab terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing yang telah ditentukan serta selalu berkoordinasi dan konsultasi demi suksesnya acara dimaksud, pesannya.
Sementara Agung Prabowo selaku pelatih dan sutradara mengatakan bahwa “Sendratari Legenda Si Cike Cike” yang akan tampil nantinya sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana akan dikemas murni sendra tari dengan penguatan properti yang menunjukkan budaya Pakpak yang digunakan penari dan tanpa dialog. Penari telah dipersiapkan dan dilatih sebanyak 22 orang yang direkrut dari berbagai sekolah di Sidikalang.

Sendratari akan tampil dengan mengusung tema legenda terjadinya Danau Sicike cike yang sekarang terletak di Dusun Pancur Nauli Desa Lae Hole II, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara yang dipercaya menjadi asal muasal perkampungan Raja Naga Jambe dengan permaisurinya berru Saraan dan berru Padang yang lazim disebut Sipitu Marga Pakpak dimana dari keturunan berru Saraan, yaitu Angkat, Bintang, Ujung dan berru Padang melahirkan Kudadiri, Capah, Gajah Manik dan Sinamo serta purinya Nantampuk Mmas yang melahirkan Anak Niampu, yaitu Marga Berampu dan Pasi.

“Sendra Tari Legenda Si Cike Cike” telah sukses ditampilkan pada Pesta Budaya Njuah-Njuah Kabupaten Dairi tahun 2017 di Gedung Nasional Djauli Manik Sidikalang dengan menghipnotis dan mendapat applaus ribuan penonton yang menyaksikan. Sendratari nantinya dikemas apik dengan suguhan tarian dan musik pakpak, kombinasi musik modern koreograpi dan penataan pencahayaan maupun lampu serta fogging yang menarik merupakan binaan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Dairi dengan Drs.Leonardus Sihotang selaku penangggung jawab, Agung Prabowo selaku pelatih tari merangkap Sutradara. (Mosanda Tampubolon).