Segera dibuka “Sampendabah” Spot Wisata Air Terjun di Lokasi Taman Wisata Iman

1
4286
Jalan Setapak Menuju Air Terjun Sampendabah
Jalan Setapak Menuju Air Terjun Sampendabah

Sitinjo, DISPARBUDDAIRI.com – Dalam waktu dekat ini Air Terjun Sampendabah yang terletak dibawah Bukit Golgota di Kawasan Objek Wisata Religi Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo Kabupaten Dairi, Sumatera Utara akan dapat dinikmati para pengunjung dan segera dibuka untuk umum.

Air Terjun setinggi sekitar 30 meter dengan beberapa tingkat tersebut berasal dari aliran Lae (Sungai) Pandaroh yang mengalir dan membelah kawasan TWI yang merupakan ikon kebanggaan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Dairi.

Pemkab Dairi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah memplot anggaran yang bersumber dari DAK 2017 untuk pembangunan akses jalan setapak yang mengular mengitari lekukan Hutan Bukit Sitinjo hingga tampak dan dapat menikmati air terjun tersebut yang diprediksi pembangunannya akan rampung paling lambat pada Desember 2017 mendatang.

Air Terjun Sampendabah
Air Terjun Sampendabah

Pembangunannya meliputi tangga jalan setapak dengan beberapa spot photo untuk tempat selfi dan istirahat serta pagar pengaman besi di sepanjang jalan hingga ke DAS persisnya hulunya atau diujung Lae (Sungai) Janji yang menyatu ke air terjun dimaksud terdapat Spot Photo dengan menawarkan sensasi pemandangan langsung air terjun yang dikelilingi alam yang asri dan udara yang segar.

Marulak Situmorang selaku Kabid Pariwisata mengatakan bahwa pembangunan tersebut dimaksudkan untuk menawarkan warna dan nuansa destinasi baru di lokasi TWI dengan konsep pembangunan berkelanjutan sehingga pengunjung yang hadir setiap tahunnya tidak merasa bosan namun ada sesuatu yang baru untuk dilihat dan dinikmatinya.

Lanjutnya, “Selain Pembangunan Jalan Setapak Menuju Air Terjun juga dalam tahap penyelesaian Pembangunan Landscaping Taman Firdaus/Eden, Interior Perut Ular design 3D, Pengadaan Lampu Taman dan Rehabilitasi Asrama Mesjid seluruhnya dikawasan TWI yang semuanya akan selesai pembangunannya pada Bulan Desember 2017 yang akan datang dengan harapan peningkatan kunjungan dan penambahan pendapatan masyarakat serta PAD Kabupaten Dairi”. (Mos)