Vihara Saddhavana Taman Wisata Iman Sitinjo, Dairi

0
1247
Vihara Saddhavana Taman Wisata Iman
Vihara Saddhavana Taman Wisata Iman

Sitinjo, DISPARBUDDAIRI.com – Rumah Ibadah Agama Buddha berdiri kokoh dengan ukuran 20×20 m dengan konstruksi beton ukiran apik 8 buah patung Buddha pada setiap sudut dinding bagian luar bangunannya dan 5 buah stupa diatasnya kemudian di bagian dalam tampak duduk bersila Patung Buddha menghadap ke matahari terbit seberat 12 ton yang langsung di datangkan dari Muntilan Magelang Jawa Tengah dan Patung Buddha dilapisi cat berwarna keemasan.

Dibangun di area Taman Wisata Iman Sitinjo di Bukit Sitinjo seluas 2 ha dan diresmikan tahun 2005 yang lalu dibawah pepohonan hutan pinus Vihara Saddhavana mampu menampung ratusan umat bersembahyang merupakan
tempat yang tepat untuk meditasi atau melatih diri bagi umat Buddha dan juga aktivitas untuk wisata religi.

Dilengkapi fasilitas 30 Pondok Meditasi semi permanen ukuran 3×3 m, 2 ruang pertemuan dengan kapasitas 100 an umat, ruang konsultasi Bikkhu/Biksu dengan Samanera (Calon Bikkhu/Bikkhuni) dan area parkir permanen.

Jalan Menuju Pondok Vihara
Jalan Menuju Pondok Vihara
pondok konsultasi Bikkhu dan Biksu dengan Samanera Calon Bikkhu dan Bikkhuni
pondok konsultasi Bikkhu dan Biksu dengan Samanera Calon Bikkhu dan Bikkhuni

Konon tukangnya didatangkan dari pulau Jawa. Lokasi yang nyaman nan adem ini dibuka setiap harinya dari pukul 08.00 s.d 16.30 WIB bagi setiap pengunjung baik beragama Buddha maupun agama non Buddha. Vihara tersebut dikelola Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (Mos)

Assalamualaikum… Syaloom,… Om Swasti Astu, Namo Buddhaya… !!!